Bupati Tambrauw Menandatangani Obyek Pajak dan Retribusi Daerah

0
47
- Iklan Berita 1 -

TAMBRAUW, Monitorpapua.com – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Tambrauw melaksanakan kegiatan penetapàn obyek dan pajak retirbusi daerah di Aula Kantor Bupati, Selasa (18/6).

Gabriel Asem, SE.MSi membuka rapat koordinasi penetapan obyek pajak dan retribusi daerah pada masing-masing OPD yang digelar Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah di Aula Kantor Bupati.

Bupati mengatakan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 bahwa salah satu OPD yang telag dibentuk Kabupaten Tambrauw yakni Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah bertugas melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah.

Berdasarkan Undang-Undang itu, ditetapkan beberapa peraturan daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) yang menjadi dasar pemungutuan pajak dan retribusi daerah meliputi Perda Nomor 10 Tahun 2011 tentang pajak reklame, Perda nomkr 11 Tahun 2011 tentang pajak mineral bukan logam dan batuan. Perda Nomor 12 Tahun 2011 tentang BPHTB, Perdan Nomor 28 Tahun 2013 tentang PBB-P2, Perda Nomor 11 Tahun 2013 tentang pajak restoran, Perda Nomor 7 tahun 2014 tentang retribusi pemakaian kekayaan daerah, Perda Nomor 3 Tahun 2018 tentang Pajak Penerangan Jalan, Perda Nomor 27 Tahun 2018 tentang Retirbusi Terminal.

Ini membuktikan Pemerintah Pusat berkomitmen memberikan kewenangan penuh kepada pemerintah provinsi dan daerah untuk melakukan pungutan berdasarkan undang-undang tersebut,” jelas Bupati.

Rapat koordinasii penetapan obyek pajak dan retribusi daerah masing-masing OPD sangat penting demi menentukan secara langsung obyek pajak dan retribusi daerah di setiap OPD untuk mendukung visi-misi Bupati dan Wakil Bupati dengan tujuan mewujudkan optimalisasi pendapatan, pengelolaan keuangan dan aset daerah.

Pada akhir kegiatan, Bupati menandatangani surat kesepakatan diikuti seluruh Kepala OPD. (Soter/Gerry/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.