Proyek Palapa Ring Timur Rampung di Keerom

0
67
Foto: dari kanan, Kaleb staf PT. Moratelindo, wartawan Stevi, Klaus, Ismaya dan Sharon Enembe, berpose di depan kantor Penyedia Jasa di Tanah Hitam Abepura.
- Iklan Berita 1 -

JAYAPURA, Monitorpapua.com – Perusahaan penyedia jasa PT. Moratelindo yang memenangkan tender pada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, rampung mengerjakan sambungan kabel serat optik hingga ke distrik Waris kabupaten Keerom Papua.

Data yang diterima media ini, Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur Telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Proyek itu terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya.

Pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau 440 kota-kabupaten di seluruh Indonesia, juga termasuk di Papua. Proyek Palapa Ring ini akan mengintegrasikan jaringan yang sudah ada (existing network) dengan jaringan baru (new network) pada wilayah timur Indonesia (Palapa Ring-Timur).

Palapa Ring-Timur akan dibangun sejauh 4.450 KM yang terdiri dari Sub Marine Cable sejauh 3.850 KM dan Land Cable sepanjang 600 KM, dengan landing point sejumlah lima belas titik pada 21 kota/kabupaten.

Jaringan tersebut berkapasitas 100 GB (Upgradeable 160 GB) dengan mengusung konsep ring, dua pair (empat core). Strategi pembangunan proyek Palapa Ring ini adalah dengan membentuk suatu konsorsium, anggota konsorsium terdiri dari penyelenggara telekomunikasi di Tanah Air.

Jaringan ini akan menjadi tumpuan semua penyelenggara telekomunikasi dan pengguna jasa telekomunikasi di Indonesia, dan terintegrasi dengan jaringan yang telah ada milik penyelenggara telekomunikasi itu sendiri.

Akselerasi pertumbuhan dan pemerataan pembangunan sosial ekonomi melalui ketersediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi berkapasitas besar yang terpadu, bisa memberikan jaminan kualitas internet dan komunikasi yang berkualitas tinggi, aman, dan murah. Demikian dilansir dari kominfo.go.id.

Di kantor cabang PT. Moratelindo saat sejumlah wartawan berkunjung dalam rangka bersilahturahmi dan meminta konfirmasi terkait kegiatan mereka, salah seorang perwakilan perusahaan bernama Kaleb dengan ramah memberikan keterangan menjawab pertanyaan wartawan.

“Saat ini kami hanya melakukan maitenance. Sejak November 2019 lalu, pekerjaan pemasangan kabel optik kami sudah selesai. Terakhir di Waris, sudah ada sosialisasi bersama Bupati Keerom dan OPD terkait, dan masyarakat di sana, alhamdulillah sudah bisa menikmati internet sekarang,” ujar Kaleb menambahkan penanggung jawab proyek Palapa Ring Timur dari Penyedia Jasa PT. Moratelindo bernama Dedi itu, sedang dipanggil ke Jakarta dalam rangka pertemuan rutin.

“Penanggung jawab Dedi ada ke Jakarta sedang meeting. Kami yang ada ini cuma staf saja pak,” kata Kaleb. (Stevi fun)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.