Mahasiswa Universitas Nani Bili Nusantara Sorong, Buktikan Keaslian Penelitian Ilmiah

0
370
- Iklan Berita 1 -

SORONG, Monitorpapua.com – Wakil Rektor I Universitas Nani Bili Nusantara (UNBN) Sorong, Aris Kusmiran Winandar, M.M yang diwakili Irianto M. Ali SPd., M.Pd., membuka Kegiatan Seminar Proposal Skripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Keguruan menegaskan ujian proposal skripsi untuk mahasiswa Pendidikan Keguruan bukanlah akhir dari perkuliahan melainkan awal untuk memulai penelitian di bidang disiplin ilmu, bertempat di Gedung Rektorat UNBN, Rabu 10 Februari 2021

Ujian tahap berikut ini dilakukan UNBN terhadap 4 orang Mahasiwa yang telah menyiapkan proposal Skripsi, yakni Octovina Lobat, Yoakin Lelakui, Feronika Basna dan Yehima Ambarauw. Mengingat pandemi covid 19 maka UNBN melaksanakan ujian proposal Skripsi secara bertahap dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Ujian tersebut diselenggarakan pada pukul 09.00 Wit sampai pukul 16.20 Wit. Menghadirkan Dosen Penguji dan Pembimbing Kaprodi, Sri Ayu, SPd., M.Pd., Wakil Rektor I, Aris Kusmiran Winandar, SPd. M.M., Haryo Frangky Souisa, SPd., M.Pd., Irianto M. Ali SPd., M.Pd., Laurentius Reresi, SS.,M.M.

Irianto M. Ali SPd., M.Pd., yang mewakili Wakil Rektor I Universitas Nani Bili Nusantara (UNBN) Sorong, Aris Kusmiran Winandar, M.M menegaskan karya ilmiah mahasiswa UNBN harus layak maka mahasiswa Universitas Nani Bili Nusantara (UNBN) Sorong wajib mempertanggungjawabkan proposal skripsi di hadapan Dosen Penguji agar bisa diteliti lebih lanjut.

Terkait hal itu, di hadapan para dosen penguji dan pembimbing UNBN Irianto M. Ali SPd., M.Pd., mengatakan Mahasiswa UNBN harus memiliki nilai-nilai dan kejujuran ilmiah yang dijunjung tinggi dan terjaga dalam bidang akademis agar tetap lestari dan valid.

“Mahasiswa UNBN harus menyadari diri sebagai peneliti yang handal, menyadari kebenaran ilmiah yang ingin diperoleh dalam penelitian sekaligus menghindari hal-hal yang tabu untuk seorang ilmuan seperti melakukan plagiat. Maka semua proposal skripsi harus diseminarkan dan dipertanggungjawabkan oleh Mahasiswa UNBN,” tegasnya.

Hal ini didukung Pjs Kaprodi Haryo Frangky Souisa, SPd., M.Pd bahwa mahasiswa UNBN benar-benar membuktikan keaslian observasi sebelum melanjutkan penelitian. Maka mahasiswa UNBN hari ini memberikan pertanggungjawaban ilmiah terhadap keaslian karyanya. “Hasil akhir, akan diumumkan kelulusan keempat mahasiswa UNBN pada Senin, 15 Februari 2021 mendatang, apakah mereka lulus melanjutkan penelitan atau tidak berhasil karena penulisannya belum memenuhi persyaratan penulisan karya ilmiah,” tegas Haryo mengakhiri Seminar. (Ren/MP)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.