Tingkatkan PADDES, Pemkab Morotai Buka Pelatihan Pengurus BUMDes

0
44
- Iklan Berita 1 -

MOROTAI, Monitorpapua.com – Bupati Kabupaten Pulau Morotai melalui Asisten III, secara resmi membuka kegiatan pelatihan pengurus BUMDes 2019. Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melatih para Pengurus BUMDES Kabupaten Pulau Morotai dengan tema Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Administrasi dan Keuangan BUMDes bertempat di Aula Kantor Bupati, Selasa (23/4) Pukul 10.00 WIT.

Mengawali, Ketua Panitia mengucapkan terima kasih kepada para Kepala Desa yang telah meluangkan waktu dalam rangka mengikuti acara Pelatihan Pengurus BUMDes ini. Semoga kehadiran para Kepala Desa sekalian dapat bermanfaat dan membawa perubahan yang positif demi kesejahteraan masyarakat khususnya di desa masing-masing.

Pelatihan Pengurus BUMDes untuk memberi pemahaman tentang bagaimana cara pengelolaan BUMDes dan pelaksanaannya di Kabupaten Pulau Morotai, sesuai Peraturan Bupati Pulau Morotai Nomor 41 bahwa "Setiap Desa Wajib menjadikan Badan Usaha Milik Desa dengan konsentrasi pada dua kegiatan, pertama BUMDes Smart dan kedua Koperasi.

Mudah-mudahan ini menjadi momentum kita bersama untuk membangun roda Perekonomian kita di desa sehingga dapat mensejahterakan Masyarakat Pulau Morotai di 5 Kecamatan dan di 88 Desa. Sumber Pembiayaan Kegiatan Pelatihan BUMDes Kabupaten Pulau Morotai tahun 2019 adalah bersumber pada APBD Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pulau Morotai Tahun Anggaran 2019, tutupnya.

Sementara itu, Bupati Pulau Morotai yang diwakili Asisten III, menyampaikan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai terus berupaya mendorong pemberdayaan desa melalui Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat, dalam rangka mengembangkan potensi dan kreatifitas masyarakat.

Kesempatan ini, kami sampaikan kepada Kepala Desa yang sempat hadir dalam acara ini, kiranya dapat melaksanakan fungsi-fungsi manejemen dalam rangka memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat melalui kedua Lembaga Ekonomi tersebut.

Hadirnya BUMDes ini, harapan kami dapat menjadi instrumen baru dalam mendorong ekonomi dan otonomi desa dan untuk peningkatan produksi dan investasi serta Pendapatan Asli Daerah Desa (PADDES) sekaligus memberi kontribusi bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Harapan kami selaku Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa dan Para Camat Mari kita sama-sama membantu Koperasi dan mengawal pelaksanaan aktivitas BUMDes di desa demi masyarakat yang kita cintai. Kami juga berharap kepada Pemerintah Desa agar setelah pelatihan BUMDES ini dapat bekerjasama badan usaha ini dengan integritas, profesional, inovasi, jujur dan bertanggung jawab. (Red-MP/ojemona/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.