WGAB Desak, OAP Wajib Pimpin Provinsi Papua, Kota sampai Kabupaten

0
57
- Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Wadah Generasi Anak Bangsa (WGAB) Provinsi Papua, Yerri Basri Mak
- Iklan Berita 1 -

JAYAPURA, Monitorpapua.com – Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Wadah Generasi Anak Bangsa (WGAB) Provinsi Papua, Yerri Basri Mak meminta kepada Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) agar segera menetapkan Perdasus untuk menjadi Perdasus Khusus Orang Asli Papua (OAP).

Desakan LSM WGAB ini agar Rakyat di Papua  memiliki hak menjadi Tuan di Negerinya sendiri untuk menentukan kemajuan di Tanah Papua dan mensejahterakan rakyat di Tanah Papua. “Maka sudah selayaknya Perdasus kusus OAP untuk memberi ruang kepafa OAP menjadi Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati, Walikota-Wakil Walikota, dan DPRP wajib Orang Asli Papua,” tegas Yerry Basri Mak.

Ketua LSM WGAB Yerri Basri Mak secara jujur mengatakan kepada Monitorpapua.com, Kamis (4/7) bahwa partai politik (Parpol) harus konsisten menjalankan amanat Undang-Undang Otonomi Khusus (UU Otsus) yang mengharuskan orang asli Papua menjadi Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati, Walikota-Wakil Walikota serta DPR itu wajib Orang Asli Papua (OAP).

Lanjut Yerri, diharapkan Parpol harus menyeleksi serta mengutamakan Orang Asli Papua untuk wajib menduduki posisi Pemerintahan baik di Provinsi, Walikota, dan kabupaten serta di DPR di Papua,” kata Yerri.

Menurut Ketua LSM WGAB, calon pemimpin yang dimaksud tidak harus berasal dari daerah tertentu, tetapi paling penting adalah pribumi atau putra daerah Papua,” ucapnya.

“Walaupun berasal dari Papua asli, kandidat Gubernur dan Wagub, Walikota-Wakil Walikota,  Bupati-Wabup dan DPR tersebut harus bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) serta memiliki visi dan mampu memajukan pembangunan di Provinsi Papua,” harap Yerry.

Untuk itu, Yerri mengajak seluruh lapisan masyarakat di Provinsi Papua ke depannya untuk mendukung Cagub dan Wagub, Calon Walikota dan Wakil Walikota, Bupati-Wabup, DPR orang asli Papua (OAP) serta menjaga keamanan dalam menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada tahun yang akan datang,” tutup Yerri. (ARIF P/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.