Rakyat Tanimbar Kecewa, Pemilu Terkendala 19.115 Surat Suara Rusak

0
109
Perhitungan kartu suara yg baru tiba dari KPU Saumlaki
- Iklan Berita 1 -

SAUMLAKI-KKT, Monitorpapua.com – Rakyat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) kecewa. Betapa tidak, hingga pukul 12.30 WIT, sebagian besar rakyat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar belum melakukan pencoblosan Pemilihan Umum 2019. Pasalnya sebanyak 19.115 surat suara rusak, sehingga Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Tanimbar bekerja keras mendatangkan surat suara dari KPU Provinsi Maluku.

Kini, pihak KPUD KKT sedang melakukan penyortiran surat suara yang rusak dan meminta pihak KPU Provinsi Maluku agar segera mengirim surat suara yang rusak berat. Akibatnya, pendistribusian surat suara ke sejumlah desa di Kepulauan Tanimbar mengalami keterlambatan.

Sumber terpecaya dari Saumlaki mengatakan Keterlambatan Distribusi logistik Pemilu terjadi karena surat suara yang dikirim utk menggantikan surat suara rusak telah tiba di Saumlaki, melalui penerbangan sore dan tiba di Bandara Batlayeri Saumlaki, Selasa 16 April 2019. Surat Suara yg rusak harus diganti dengan yang baru tiba di KPUD Saumlaki Kemudian surat yang baru harus dilipat kembali berjumlah 19.115 Surat Suara. Penyortiran suara diilaksanakan pada malam hari dan dikawal ketat pihak aparat keamanan.

Kini surat suara yang sudah disiapkan dan didistribusikan ke TPS beberapa desa diantaranya Matakus dan Olilit Raya. Sementara untuk 9 kecamatan lainnya yakni Kormomolin, Molu Maru, Nirunmas, Selaru, Tanimbar Utara, Wermaktian, Wertamrian, Wuarlabobar dan Yaru telah didistribusikan.

Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Petrus  Fatlolon, SH.MH, belum bisa dihubungi namun sesuai informasi yang diterima media ini Bupati turut memantau proses pengepakan Logistik Pemilu di Kepulauan Tanimbar serta pendistribusian Logistik ke semua daerah.

Akibat pengiriman surat suara dari KPU Provinsi Maluku mengalami keterlambat maka masyarakat di Kepulauan Tanimbar terus menunggu pencoblosan hingga siang hari.

Kini surat suara yang sudah disiapkan dan didistribusikan ke TPS beberapa desa diantaranya Matakus dan Olilit Raya. Sementara untuk 9 kecamatan lainnya yakni Kormomolin, Molu Maru, Nirunmas, Selaru, Tanimbar Utara, Wermaktian, Wertamrian, Wuarlabobar dan Yaru telah didistribusikan. (RED-MP/JB/Soter/IWO)

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.